What is Guano Fertilizer ?

Mahasiswa Harvard University Belajar Kopi Arabika di Garut, Indonesia

Hello guys~

Minggu lalu aku ikut belajar kopi di Cikajang, Garut, Jawa Barat bersama siswa dari Harvard University bernama Moritz Miller dan guru sekaligus teman aku bernama Bernard S. Langoday. Kami belajar banyak tentang kopi loh, selain belajar kopi khususnya untuk aku pribadi banyak sekali hal-hal baru yang aku dapatkan. Ilmu tentang pemberdayaan masyarakat, koperasi, kondisi petani, membangun relasi, dan berbagai hal baru lain yang berharga. Kami juga memiliki project lanjutan yang semoga berjalan lancar dan dapat berkontribusi untuk pengembangan dan kemajuan kopi Indonesia serta tentunya bidangku kehutanan Indonesia. 

Ilmu yang sangat berharga yang masih aku pegang bahwa pengembangan alam jika ingin tetap lestari maka pengelolaan hutan pun harus dibarengi dengan unsur sosial seperti pengabdian, pemberdayaan, kegiatan penanaman bersama masyarakat, dan acara sosial lainnya. Banyak sekali hal yang ingin aku ceritakan namun aku tak pandai untuk mengungkapkannya guys. So, aku buat short video sebagai gambaran momen-moments ketika kami belajar~


See you in the next story~

Komentar