What is Guano Fertilizer ?

wawancara Persib



               
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Terima kasih banyak saya sampaikan kepada Coch (Djadjang Nurdjaman), wakil dari pemain  Persib (Sergio Van Dijk) serta wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan (Ayi Beutik) karena telah berkenan meluangkan waktunya.
            Seperti yang telah kita ketahui bahwa PT Liga Indonesia memutuskan digelarnya laga pada 28 Agustus 2013 antara Persija dan Persib di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Dalam laga ini pun sangat disayangkan karena terjadinya rusuh antar suporter. Maka saya ingin mengetahui dan mengkonfirmasi atas terjadinya rusuh antar suporter ini.
·         Sepengetahuan saya bahwa laga ini seharusnya tidak ada suporter yang menonton, tapi nyatanya suporter tetap menonton?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan : “ ya itu benar awalnya memang seperti itu. Namun pada Selasa 27 Agustus 2013  malam, kedua kelompok suporter yaitu Viking Persib Club dan Jakmania bersama  6 kelompok suporter mengadakan pertemuan dan memutuskan kesepakatan bersama. Pertemuan yang digelar di Hotel Hyatt, Yogyakarta tersebut mengizinkan kedua kelompok suporter untuk hadir menyaksikan pertandingan, bobotoh diperbolehkan menyaksikan pertandingan di stadion dan kedua belah pihak juga tidak boleh memakai atribut klub saat laga berlansung. Perwakilan Viking yang hadir yaitu Heru Joko dan  dari Jakmania ialah Larico Ranggamone. “
·         Tadi anda menyebutkan bahwa atribut  tidak diperbolehkan dipakai apakah itu harus dituruti ?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan : “ Ya.. tentu harus, karena selain kesepakatan antar suporter hal itu pun menjadi syarat dari panitia stadion bahwa,’ semua penonton yang hadir di Stadion Maguwoharjo untuk menyaksikan pertandingan usiran tersebut dilarang menggunakan atribut tim kesayangan. Baik itu seragam kesebelasan, jaket, slayer, topi bahkan sampai pin’ itu syaratnya.”
·         Apakah anda tahu ada berapa jumlah suporter saat itu ?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan : “ Jumlah suporter saat itu sangat banyak mungkin ribuan tapi saat itu Bobotoh lebih banyak jumlahnya dari pada The Jack.”
·         Apa  alasan bobotoh yang  jauh-jauh menonton ke  Sleman  padahal itukan  laga kandang untuk persija ?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan : “ Hanya satu alasan bobotoh. Bobotoh ke Sleman karena tak ingin Maung Bandung berjuang sendirian. Itu saja.”


·         Saat pertandingan berlangsung tadi terjadi sebuah kerusuhan. Apakah Coch tahu awal penyebabnya ?
            Coch : “ Ya saya sangat tahu. Kericuhan ini berawal ketika saat itu mereka (suporter persija) masuk duluan, lalu seenaknya memaki. Messi juga tadi diteriakin seperti monyet terus ditawarin pisang, saya jadi kasihan. saya sangat kecewa dengan sikap suporter Persija yang mengolok-olok Mbida Messi dengan bertingkah seperti monyet. ”
·         Bagaimana dengan penyebab kerusuhan lainnya ?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan : “ Yang saya lihat beberapa menit setelah peluit babak pertama dibunyikan, para bobotoh (pendukung Persib) terpantau masuk dari pintu tribune selatan dan langsung disambut teriakan para jackmania. Tidak lama berselang, sekitar puluhan Jakmania langsung menyerang para bobotoh yang baru saja masuk ke pintu tribune selatan. Ketika para bobotoh yang berhasil masuk dari tribune timur langsung bereaksi. Para Jakmania mulai menembakkan mercon ke arah bobotoh, tak kalah bobotoh pun langsung membalasnya, situasi semakin memanas.”
·         Adakah tindakan yang dilakukan oleh wasit ?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan : “ Ada, tindakan Wasit Kristanto yaitu memutuskan untuk menghentikan sementara jalannya babak pertama selama 26 menit.”
·         Adakah korban dari kerusuhan yang terjadi ?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi idakerusuhan : “ Pada kerusuhan kali ini alhamdulillah tidak ada korban tapi kalau lecet-lecet sedikit itu udah resiko nonton bola di stadion.”
·         Lalu, ketika pemberhentian laga berlangsung, apakah para pelatih melakukan perundingan dengan wasit ?
            Coch : “ Tentu saja kami dari 2 kubu pelatih melakukan perundingan sebentar dengan keputusan akhir bahwa laga akan tetap dilanjutkan.”
·         Lalu bagaimana dengan suporter yang rusuh, apakah mereka di bubarkan ?
            Wakil bobotoh sekaligus sanksi kerusuhan : “ Oh tentu saja tidak, walaupun kami disuruh bubar kami takkan pernah mau. Dan selama pertandingan terhenti, Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo yang  hadir di Stadion itu turut menenangkan situasi, yaitu  dengan mengomandoi para bobotoh menyanyikan lagu Indonesia Raya.”



·         Dengan terjadinya kerusuhan ini adakah tanggapan dari pemain ?
            Wakil dari pemain Persib : “Seharusnya konflik yang ada di luar jangan dibawa ke lapangan sehingga membuat pemain tak mengeluarkan kemampuan yang maksimal. Saya menyayangkan insiden tersebut, lantaran konflik antar suporter berdampak pada permainan kedua tim.”
·         Apakah ketika laga beres suasana masih mencekam ?
            Wakil dari pemain Persib : “ Kami skuat Persib sempat tertahan selama dua jam di ruang ganti setelah laga berakhir 1-1. Bahkan begitu hendak keluar stadion, kami masih sangat berhati-hati dan  memastikan dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan.”

·         Adakah gangguan kepada bus Persib lagi Coch ?
Coch : “ Saya rasa setelah laga berakhir tak ada gangguan. Namun, sebelum bus rombongan tim Persib sampai ke area stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, laju bis pun sempat terhenti selama 15 menit. Pasalnya, bus yang ditunggangi Maung Bandung tepat berada di belakang iring-iringan para Jackmania (suporter Persija).


            Dengan terjadinya kerusuhan ini para pemain agak sedikit terganggu namun mereka kembali fokus dan tenang bermain. Pada  akhir, laga di tutup dengan skor 1-1 dan tak ada rusuh di akhir laga. Juga point sementara klasemen Persija 39 dan Persib 60. Dengan kerusuhan di laga ini semoga menjadi kerusuhan suporter sepakbola terakhir dan nama baik sepakbola indonesia semakin dikenal.

Pesan: “Ternyata kerusuhan itu tidak akan kalah dengan bom mata atau semprotan air tapi kerusuhan akan kalah dengan jiwa nasionalisme. Buktinya ketika suporter rusuh pak polisi menyiram dengan semprotan air tapi semakin memanas  lalu Pak Roy Suryo bernyanyi lagu kebangsaan suporter langsung berhenti dan ikut bernyanyi.”

BRAVO SEPAKBOLA !!!
BRAVO INDONESIA !!!

Komentar