What is Guano Fertilizer ?

ESSAI MIMPI

Hello para pengunjung web bamboo ~
oh iya gmana kabar kalian ? piye kabare? apa kareba ?
ba a kaba ?
hehe ciellah udah bisa belajar bahasa daerah haha so so an padahal cuman tau bahasa itu aja. yahh ini lah hasil dari asrama salah satunya, oke deh hari ini saya bakalan kasih contoh tugas essai, tugas ini saya pernah kirimkan ketika MPKMB IPB hehe kuy kuy cap cuusss

Contoh Essai Mimpi


MIMPI DAN SEMANGAT ADALAH KUNCI ORANG SUKSES

            Tak pernah terbayangkan saya bisa menimba ilmu di Institut Pertanian Bogor sebelumnya. Bahkan ketika pertama kali saya menginjakkan kaki ke kampus rakyat ini. Saya serasa mimpi. Bisa  berada di kampus rakyat yang mewah dan akan tinggal selama 5 tahun disini.
            Di SMA saya pernah menulis beberapa impian dan Alhamdulillah terkabul. Memanglah saya tipe orang yang sangat terobsesi dengan mimpi. Kalian pun tau bahwa banyak tokoh yang sukses di dunia ini karena beliau berani bermimpi. Mimpi bagi saya seperti sekumpulan cita-cita yang harus di wujudkan. Mimpi adalah tolak ukur untuk hidup saya. Tapi tetaplah mimpi tanpa do’a, usaha dan ridho orang tua itu hanya debu yang hilang begitu saja tersapu oleh angin.
            Dalam rangkaian kata ini akan saya paparkan semua mimpi saya selama 5 tahun kedepan, 5 tahun berada di kota hujan ini. Di kampus tercinta (INSTITUT PERTANIAN BOGOR).
Dalam bidang akademik saya mempunyai mimpi menyelesaikan study S1 selama 3,5 tahun, mengikuti program sinergi (S2 1,5 tahun), mendapatkan IPK 4,0 atau 3,9, mendapatkan IPK 3,9 saat PPKU, mendapatkan nilai dominan A di PPKU, mengikuti PIMNAS tahun 2016, mengikuti PIMNAS tahun 2017, mengikuti PIMNAS tahun 2018, mengikuti PIMNAS tahun 2019, ikut EXPO ke Sulawesi, ikut EXPO ke Kalimantan, lolos seleksi pertukaran pelajar ke Korea, lolos seleksi pertukaran pelajar ke Jepang, menjadi Dosen di Institute atau di Universitas , pergi ke Harvard university, pergi  ke oxford university, pergi ke seoul University, pergi ke Korea University, menang di PPKU cup, bisa dan mahir bahasa Korea, bisa dan mahir bahasa Inggris, bisa mengunjungi Universitas-Universitas yang ada di Indonesia, bisa membuat karya-karya bertemakan kehutanan, mendapatkan beasiswa dari Lotte, mendapatkan beasiswa tahun depan (2016), menjadi mahasiswa Silvikultur yang berprestasi, dipanggil ke panggung ketika wisuda sebagai mahasiswa teladan, menjadi asisten dosen di semester 5 dan menemukan penemuan baru di bidang Silvikultur atau kehutanan,
Dalam bidang non akademik (kehidupan pribadi, sosial dan kesukaan) mimpi saya adalah menjadi lurah yang amanah selama 1 tahun, mendapatkan kerja sampingan (part time) mengajar anak SD, menabung untuk membeli tanah (bisnis), menabung untuk pergi haji bersama orang tua, pergi ke Negeri Gingseng {Korea), bertemu dengan G-Dragon, bertemu dengan Song Minho, bertemu dengan Junhyung B2ST, bertemu dengan super junior, bertemu dengan ikon, bertemu dengan bangtan boys, bertemu dengan pengusaha publisher bandung berinisial DESP, menjadi publisher, bertemu dengan anak Sulawesi berinisial ARP, berkunjung ke gedung YG entertainment, berkunjung ke Cube Entertaiment, pergi ke peneropongan bintang (Bosya) , pergi ke raja ampat, menjadi ketua salah satu UKM atau kegiatan di IPB, mengikuti berbagai lomba dan menang promosi IPB ke SMA yang berada di Garut , promosi IPB ke SMAN 3 Bandung, bisa makan di restoran milik yesung (mouse rabbit), mempunyai kamera SLR,  menoleksi foto-foto alam dan lingkungan sosial, membuat sebuah buku koleksi puisi, membuat sebuah buku tentang alam, mengikuti menthoring di alhurriyah secara baik,  mengelilingi hutan-hutan yang ada di dunia, pergi ke Thailand, ikut organisasi International, pergi ke Dubai, pergi ke Singapura, pergi ke perancis, bertemu dengan orang Thailand (kak Looknut), menonton konser super junior, menonton konser G-dragon, mempunyai mobil sendiri, mempunyai rumah sendiri, membelikan Orangtua dan keluarga sesuatu hal dari uang sendiri (gaji sendiri ), membelikan guru mengajiku di kampung sesuatu hal dari uang sendiri (gaji sendiri ), bisa berkurban sendiri, pergi ke inggris, bertemu dengan Calum Thomas Hood, bertemu dengan one direction, bertemu dengan Herjunot Ali, bertemu dengan Adipati Dolken, bertemu dengan pak BJ Habiebie, berfoto dengan Rektor IPB, menjadi panitia acara besar Al-hurriyah, bisa berada di atas menara Namsan Tower pada sore hari dan meninggalkan gembok disana, memiliki paspor, menaiki pesawat terbang, berteman dengan mahasiswa Internasional, menepati janji mentraktir sandwich kepada teman di Bandung, bisa membayar UKT dengan uang sendiri atau beasiswa, bisa berfoto dan berbincang bersama idola, bisa menjaga tahajjud, bisa menjaga sholat, mengaji dan tahfidznya, memiliki koleksi Mickey Mouse, berkunjung ke Disney land, bertemu dengan grup band Lyla, bertemu dengan CNBLUE dan membanggakan juga membahagiakan orang tua.
Itulah sebagian mimpi-mimpi saya. Saya tak ingin bangun dari mimpi ini. Karena saya senang menjalaninya dan menghadapinya. Kata ‘MENYERAH’ tak akan ada dalam kamus seorang pemenang. Maka jika kau menyerah kau bukanlah pemenang.
Saya tahu bahwa saya itu hanyalah makhluk tuhan yang hanya bisa bermimpi tapi percayalah bila kita yakin dengan mempi kita akan merasakan mimpi kita. Dalam film Laskar pelangi ada tokoh bernama Arai dia berkata untuk menyemangati teman-temannya yang hanya dari kalangan bawah, anak buruh tambang yang percaya pada mimpi-mimpi mereka .

“ Wahai Sahabat! Kita itu tak punya apa-apa! Kita hanya punya mimpi-mimpi dan semangat! Maka berusahalah untuk mewujudkannya! “ –ARAI--



dan tahu kah teman ? tak 1 tahun terlewati sekarang saya telah bisa membayar UKT sendiri karena tahun 2016 semester ke 2 alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa Pemprov. Jabar . saya telah berkunjung ke UNM salah satu PTN Indonesia yang berada di Makassar, Sulawesi. dan mengikuti lomba debat nasional juga essai di Unair . ayooo gapai terus mimpimuuuu !!! 

KGL

Komentar